Tips Memilih Mukena yang Bagus

Tips Memilih Mukena yang Bagus

Sebentar lagi ramadhan tiba, banyak orang yang sudah menyiapkan diri mulai sekarang. Dalam rangka menyambut ramadhan, kita harus memperbaiki diri dan menambah iman. Untuk meningkatkan ibadah, anda bisa membeli perlengkapan ibadah serba baru. Memang tidak dianjurkan, tapi tak ada salahnya jika memang itu membuat anda lebih bagus dalam beribadah. Bagi pria mungkin perlu sarung baru, sedangkan bagi wanita butuh mukena baru.

Di jaman digital ini, tentu tidaklah sulit membeli mukena karena bisa didapatkan secara online maupun offline. Namun, anda perlu mengetahui cara memilih perlengkapan ibadah ini agar mendapatkan yang terbaik. Sehingga, anda tidak menyesal saat membelinya nanti. Nah, berikut ini adalah panduan atau tips memilih mukena yang bagus untuk anda!

Tentukan modelnya

Langkah pertama dalam memilih mukena adalah menentukan model yang anda inginkan. Pilih model yang membuat anda merasa nyaman untuk beribadah. Apakah model konvensional yang terdiri dari atasan dan bawahan atau model potongan. Biasanya model ini digunakan untuk sholat di rumah. Model yang kedua adalah terusan yakni satu potong panjang seperti gamis tapi mempunyai penutup kepala, biasanya dipakai saat bepergian. Sedangkan model yang ketiga adalah potongan atasan dan bawahan, tapi atasannya tanpa penutup kepala. Model ini cocok untuk anda yang sedang berada di luar rumah dan tidak suka ribet menata hijab lagi.

Perhatikan bahannya

Selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah soal bahan. Ada banyak jenis kain yang digunakan untuk mukena. Ada kain parasit yang panas dan tipis, ada pula kain katun yang adem dan nyaman untuk segala kondisi. Katun juga terdiri dari beberapa jenis yakni katun rayon, katun paris dan katun yang tebal. Pilih berdasarkan tingkat kenyamanan anda, sehingga anda bisa berlama-lama saat melakukan ibadah sholat. Menggunakan bahan katun, anda tidak akan merasa gerah atau kepanasan saat sholat. Bahan ini juga ringan dan mudah dibawa kemana-mena. Tapi, anda harus rajin menyetrika karena mudah kusut.

Cari warna favorit anda

Terdapat banyak pilihan warna dan model mukena. Setelah anda menetukan model, maka selanjutnya memilih warna favorit anda. Ada warna putih, krem, merah dan masih banyak lagi. Tapi, dari sekian warna yang paling bagus untuk ibadah adalah warna putih. Jika anda membeli dua mukena, sebaiknya bedakan warna untuk di rumah dan untuk bepergian. Sehingga, anda tidak salah pilih. Dan untuk bepergian, anda bisa memilih warna-warna yang gelap supayatidak mudah tampak kotor atau pudar warnanya.

Pilih motif 

Tak hanya model, bahan dan warna saja yang perlu anda perhatikan, tapi motif juga harus dipertimbangkan. Jangan sampai anda memakai motif untuk anak-anak dan anak-anak memakai motif yang cocok untuk dewasa. Jadi, sesuaikan motif dengan karakter anda.

Ukuran

Ukuran mukena juga mempengaruhi kenyamanan beribadah. Kalau kegedean, anda bisa kesrimpet dan itu mengganggu sholat anda nantinya. Jangan juga pilih yang kesempitan, nantinya tidak bisa menutupi aurat anda. Menutup aurat adalah syarat wajib sholat, sehingga harus dipatuhi. Oleh karena itu, penting sekali memilih ukuran mukena yang sesuai dengan tubuh anda. Sesuaikan panjang dan lebar mukena dengan badan anda. Jika membeli secara online, lihatlah tabel ukuran atau bertanya tentang ukuran detail pada penjual.

Membeli mukena di blibli.com

Kalau ingin mendapatkan mukena yang tepat sesuai dengan anda, belilah di blibli.com. Di toko online ini tersedia banyak sekali model mukena dari berbagai brand. Selain itu, rentang harganya juga berbeda-beda. Ada yang murah dan ada pula yang mahal. Anda dapat membeli berdasarkan budget yang ada. Baca deskripsi terlebih dahulu sebelum memutuskan pembayaran agar tidak salah pilih.

Jika tidak ingin susah, manfaatkan fitur filter atau penyaringan entah itu berdasarkan harga, warna, brand atau merek dan lainnya. Sehingga, mempersempit pilihan anda dan tidak capek scroll. Dengan adanya blibli.com, anda takkan sulit lagi dalam memenuhi perlengkapan ibadah. Tak usah khawatir kalau tidak cocok karena ada fitur pengembalian barang dan komplain. Kalau memang ada yang tidak sesuai dengan yang anda harapkan atau terjadi kesalahan dari penjual, anda bisa mengembalikannya.