5 Komponen Motor Rawan Karat yang Mesti Diperhatikan

Komponen motor rawat karat mesti mendapatkan perhatian penuh Anda ketika musim hujan tiba. Bukannya tanpa alasan karena musim hujan tiba maka berbagai komponen motor menjadi lebih mudah menjadi rusak apabila tidak mendapatkan perawatan. Terutama risiko terjadinya karat yang semakin tinggi ketika musim hujan pada 5 komponen motor seperti berikut. 


Komponen motor rawat karat
metrotvnews

1. Swingarm


Komponen motor pertama yang risiko terkena karat paling tinggi adalah komponen swingarm. Swingarm atau juga lebih dikenal dengan lengan ayun yang terletak pada bagian bawah motor. Letaknya yang berada di bagian bawah motorlah yang membuatnya mudah terkena air atau lumpur ketika hujan tiba. Apabila tidak segera dibersihkan maka karatan yang bakal terjadi. 

2. Dudukan Monosok


Berikutnya adalah dudukan monosok yang paling mudah ditemukan pada motor jenis sport. Nyatanya pada motor jenis tersebut maka posisi dudukan monosok akan lebih rendah daripada posisi lengan ayun. Kondisi tersebutlah yang kemudian membuat dudukan monosok akan lebih mudah terkena air dan lumpur ketika hujan. Jadi risiko mengalami karat juga terbilang tinggi. 

3. Bagian Rangka 


Komponen motor rawat karat yang juga tidak boleh luput dari perhatian Anda sebagai pemiliknya adalah bagian rangka. Soalnya selama ini tidak bisa dipungkiri juga bahwa bagian rangka hanya diperhatikan sebatas penampilannya saja. Padahal bagian rangka ini tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu bagian rapuh yang dimiliki dari sepeda motor. 

Mulai dari risiko mengalami lecet hingga tentunya risiko mengalami karat pasti selalu mengintai. Khusus untuk risiko terkena kawat biasanya paling sering mengincar pada bagian sambungan motor atau las-lasan. Bukan tanpa alasan karena pada bagian tersebutlah yang paling sulit untuk bisa dijangkau dan juga sulit untuk dibersihkan apabila dilakukan seorang diri. 

4. Leher Knalpot


Leher knalpot juga nyatanya memiliki risiko yang sangat besar dan juga tinggi untuk terkena karatan pada motor. Hal tersebut dapat dimakulumi apabila melihat kondisi dari leher knalpot yang terletak pada bagian bawah motor Anda. Dengan kondisi tersebut maka akan sangat mudah bagi leher knalpot untuk terkena air hujan dan juga lumpur sehingga rawan terkena karat. 

5. Rantai Motor


Terakhir adalah bagian rantai motor yang juga memiliki risiko terkena karat yang tinggi. Terutama untuk rantai motor yang tidak diberi pelindung maka apabila terkena lumpur atau air hujan akan mudah berkerat. Nantinya setelah rantai motor berkarat maka akan mengganggu performa dari motor itu sendiri. Mulai dari suara yang berisik hingga gas yang tidak maksimal. 

Jadi lima komponen motor rawat karat yang sudah dijelaskan di atas sebaiknya mulai Anda perhatikan. Jangan sampai karena kelalaian kecil Anda kemudian menimbulkan masalah yang serius pada performa dari motor Anda sendiri nantinya.